Headlines News :
Home » » Mabes Polri Back Up Polda Kalteng pada Pemilu Kada

Mabes Polri Back Up Polda Kalteng pada Pemilu Kada

Written By buthe yulian on Wednesday, 13 February 2013 | 03:32

TINGGAL menyisakan satu bulan 19 hari lagi, pesta rakyat pemilihan umum (Pemilu) kepala daerah (Kada) di tujuh Kabupaten, Kalimantan Tengah, bakal berlangsung serempak. Ini tentu menjadi sebuah kesiapan yang matang khususnya bagi ke-tujuh kabupaten, tak terkecuali bagi polisi yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Bahkan, Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng, juga akan diback up ratusan personil yang langsung diturunkan dari Mabes Polri.
“Jadi, Polda Kalteng akan diback up dari Mabes Polri untuk mengamankan Pemilu Kada yang berlangsung 4 April 2013 di tujuh kabupaten,” kata Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Bachtiar Hasanudin Tambunan kepada wartawan, Selasa (12/2).
Dia menuturkan, Mabes Polri akan menurunkan dua satuan setingkat kompi (SSK) brimob, dan anggota unit jinak bom (Jibom). Dua SSK itu sama dengan jumlah 225 personil, dan 25 diantaranya sebagai petugas Jibom. Sedangkan untuk pelaksanaan di tiga kabupaten lainnya, rencananya akan berlangsung pada 5 Juni mendatang. Saat itu, pihak Polda Kalteng masih mampu mengamankan tanpa harus diback up Mabes Polri. “Untuk Polda Kalteng sekitar 1141 anggota termasuk jumlah 2/3 kekuatan dari Polres di kabupaten masing-masing,” katanya lagi.
Menurut Bachtiar, kesiapan petugas untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu Kada juga sudah dipastikan siap. Ini terbukti setelah mereka melakukan rapat pimpinan (Rapim) selama tiga hari di Polda, yang akan berakhir hari ini Rabu (13/2). Rapat tersebut melibatkan pejabat utama Polda Kalteng 38 orang, Pamen Polda Kalteng 67 orang, Kapolres, Kabag Ops, Kasat Intel Polres, dan Kasat Reskrim Polres masing-masing 14 orang, dan pengarah materi diskusi enam orang. Selain itu, Rapim tersebut juga menghadirkan Ketua KPU Provinsi, dan Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng.
“Rapim ini juga menindak lanjuti Rapim Polri di Jakarta pada 28 Januari sampai 31 Januari. Jadi pada Rapim tersebut kita bentuk sebuah diskusi kelompok. Kelompok itu kita bagi menjadi tiga dengan peserta terdiri dari per-Kapolres beserta perangkatnya, termasuk satu diantaranya ada yang sebagai anggota Polda Kalteng,” urainya.
Dalam rapat tersebut lanjut Bachtiar, masing-masing kelompok mendiskusikan masalah-masalah yang sering kali muncul di daerah masing-masing. Ini pun tidak lepas dari penanganan selama bertugas di daerah tersebut. Rapim itu juga dibuat tiga judul pokok pembahasan. Diantaranya, indentifikasi masalah konflik sosial pada setiap tahapan Pemilu Kada dan upaya mengantisipasinya. Kemudian, identifikasi masalah sosial yang timbul dari isu sara dan upaya penanggulangannya. Selanjutnya, identifikasi masalah konflik sosial yang timbul akibat pengelolaan perkebunan sumber daya alam serta upaya penanggulangannya.
“Memang banyak sekali permasalahan konflik sosial di masyarakat. Nah itu semuanya diuraikan dalam ruang diskusi berdasarkan pengalaman sebelumnya. Sehingga, saat berlangsung Pemilu Kada nantinya, kita harapkan bisa teratasi dan berjalan dengan lancar sesuai harapan,”
Menurutnya, tahun ini juga merupakan tahun politik. Apalagi, setelah Pemilu Kada nantinya selesai, 2014 mendatang juga akan berlangsung pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI. “Kita harapkan masyarakat tidak terbawa isu-isu tidak sedap, sehingga semuanya berjalan dengan lancar,” tuturnya. (BY)
Share this post :

Daftar Berita Lengkap

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Hari Ini Kalteng - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger